Creative Commons License

Nif Kurniawan <me@nif-kurniawan.web.id>
disusun pada 2017

Untuk dapat mulai menggunakan layanan-layanan yang disediakan oleh Amazon Web Services (AWS), tentu langkah awal yang perlu kita lakukan adalah memiliki akun AWS. Proses untuk mendaftar akun AWS cukup mudah, dan tidak memerlukan biaya. Kami akan terangkan langkah demi langkah proses pendaftaran akun AWS di bawah ini.

Pertama, silakan akses ke website Amazon AWS di https://aws.amazon.com. Kemudian, klik pada tombol pembuatan akun.

Kita akan dibawa ke halaman login seperti di bawah ini. Silakan isikan alamat email kita. Dan karena kita sedang membuat akun baru (belum memiliki akun sebelumnya), maka silakan pilih I am a new user.

Berikutnya adalah halaman Login Credentials. Silakan isikan nama Anda, alamat email Anda, dan juga password yang Anda inginkan. Alamat email dan password itulah yang akan digunakan untuk login ke akun AWS Anda nanti, sehingga sebaiknya jangan lupa pastikan bahwa alamat email Anda masih aktif / valid.

Selanjutnya adalah halaman Contact Information. Di bagian atas, ada pilihan apakah kita akan membuat akun atas nama perusahaan (Company Account), atau hanya untuk keperluan personal (Personal Account). Pilih sesuai kebutuhan Anda. Kemudian, isi data-data yang diperlukan dengan lengkap.

Berikutnya adalah halaman Payment Information atau informasi pembayaran. Di halaman ini, kita diminta untuk mengisi informasi terkait kartu yang akan kita gunakan untuk membayar tagihan AWS kita.

Sebagai informasi, AWS hanya menerima metode penggunaan menggunakan kartu, tidak menerima Paypal atau semacamnya. Tidak harus kartu kredit. Kita bisa juga menggunakan kartu debit (yang biasa kita gunakan dan sebut sebagai kartu ATM), asalkan Bank penerbit kartu tersebut memang membuka kartu debitnya untuk transaksi online.

Penulis sendiri menggunakan produk kartu debit syariah dari salah satu bank lokal di Indonesia, dan sama sekali tidak ada masalah.

Langkah berikutnya adalah Identity Verification. Pada tahap ini, Amazon AWS akan memverifikasi bahwa kita adalah pengguna valid (bukan bot). Kita perlu memasukkan nomor telpon yang bisa dihubungi, lalu klik tombol Call Me Now.

Sistem otomatis Amazon AWS akan menelpon nomor kita, dan menampilkan nomor PIN di layar. Kita diminta untuk menerima panggilan telpon tersebut, kemudian memasukkan nomor PIN sebagaimana tertera di layar.

Apabila proses tersebut lancar, Amazon AWS akan menyatakan identity verification complete. Lanjutkan dengan meng-klik pada tombol Continue to select your Support Plan.

Bagian terakhir, adalah memilih Support Plan. Di bagian ini kita memilih bagaimana pelayanan customer support yang kita inginkan. Yang terendah adalah Basic, yang tidak dikenakan biaya tambahan. Semakin tinggi pilihan kita, maka kita akan mendapat prioritas pelayanan yang lebih tinggi (misalnya, tiap pertanyaan kita ke Customer Support akan dijawab lebih cepat). Namun tentunya dengan biaya tambahan. Bagi pengguna biasa, pilihan Basic seringkali sudah lebih dari cukup. Silakan pilih sesuai kebutuhan Anda, kemudian klik pada tombol Continue.

Proses pembuatan akun Anda telah selesai. Amazon AWS akan membuatkan akun Anda, dan ketika akun Anda telah siap digunakan, Anda akan menerima pemberitahuan via email.

--
Selamat menggunakan AWS !

← kembali ke daftar Artikel & Tutorial.

©2017. Disusun oleh Nif Kurniawan. Dijalankan di AWS.